27
JAN
2021

Mau Tetap Happy Saat Belajar?

Ini tipsnya

Sering kali para remaja mengeluhkan beberapa hal tentang pembelajaran, khususnya kamu yang masih duduk dibangku sekolah. Mulai dari rasa bosan, susahnya berkonsentrasi, daya tangkap yang kurang, dan selalu ingin mendapatkan nilai bagus. Tentu saja hal ini membuat kamu stres bukan? Stres dalam belajar merupakan hal yang wajar terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berdasarkan buku Flow yang ditulis oleh Mihalyi csikszentmihalyi, untuk mendapatakan rasa senang dan tidak stres saat belajar, kita harus masuk ke keadaan flow state. Flow state merupakan keadaan disaat kita berada pada tingkat kesadaran paling optimal pada saat mengerjakan sesuatu. Saking asik dan serunya kita jadi lupa waktu dan kemampuan kita serasa mengalir dengan mudahnya tanpa tekanan atau pun stres. Sering kali kita sudah masuk kedalam flow state ini namun kita tidak menyadarinya. Contohnya saat kamu bermain game, dance, baca komik dan aktivitas favorit kalian. 

Nah pada artikel ini ada beberapa tips agar kamu lebih mudah masuk ke flow state dan belajar jadi menyenangkan.

  1. Ubah waktu luang pasif menjadi aktif

Semakin banyak kamu menghabiskan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat maka semakin mudah untuk masuk ke flow state, sehingga kamu menjadi lebih fokus. 

  1. Belajar sesuai BPT-mu 

BPT (Biological Peak Time) adalah waktu saat kamu benar-benar mood untuk belajar, contohnya ; pagi hari, siang hari/ malam hari. Namun banyak hasil riset mengklaim bahwa waktu yang paling tepat untuk belajar adalah pada pagi hari.

  1. Buat target dan jadwal belajar

Pasang target/ tujuan yang ingin kamu capai. Lalu susun jadwal belajar dan jadikan sebagai rutinitas harian. Dengan begitu belajar jadi tidak membosankan. 

  1. Cari perpaduan challenge & skill yang paling nyaman

Coba cara belajar yang berbeda-beda agar kamu menjadi lebih mudah menemukan metode belajar yang kamu sukai. Seperti lewat video atau lewat aplikasi belajar.

  1. Selalu evaluasi

Evaluasi dilakukan untuk mengukur kemampuan dan seberapa paham kamu dengan materi yang dipelajari. Evaluasi bisa kamu lakukan dengan latihan soal try out yang ada di aplikasi belajar atau buku-buku pelajaran. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk membenahi cara belajar yang kamu terapkan.

  1. Hilangkan distraksi internal & eksternal

Distraksi adalah gangguan yang muncul pada saat belajar baik internal maupun eksternal. Distraksi internal muncul dari diri kita sendiri, contohnya kurang fokus sehingga materi yang dipelajari menjadi sulit dimengerti. Sedangkan distraksi eksternal adalah gangguan yang datang dari luar/ sekitar kita. Ada 3 cara agar kamu bisa mengatasi distraksi ini;

  • Meditasi atau menenangkan pikiran
  • Jauhkan handphone saat belajar agar tetap fokus
  • Hindari scroll media sosial/ menonton tik tok saat belajar

Nah itu adalah beberapa tips agar kamu tidak mudah stres saat belajar. Apakah kamu sudah menggunakan tips diatas? Jika sudah teruskan ya, agar kamu jadi semakin produktif dalam belajar. 

Penulis: Luh Made Nitasari

Editor : Ni Nengah Witami, S.Pd

Balas Pesan...

*