10
MAY
2021

Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

  Situasi dan kondisi pandemi seperti saat ini tidak menentu. Hal ini berdampak buruk bagi berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi, menerapkan kebijakan PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh ) demi mencegah penyebaran Covid – 19 di lingkungan pendidikan.

   Meskipun begitu, pandemi tidak menghalangi para pelajar untuk terus berkreasi dan berprestasi. Sebut saja Yuki dan Dea, siswa dan siswi SMKN 1 Klungkung yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau lebih dikenal dengan PIK – R ini berhasil masuk Top 3 dalam ajang Pemilihan Duta Genre Kabupaten Klungkung 2021. Yuki berhasil meraih juara 2 putra dan Dea berhasil meraih juara 3 putri. Acara tersebut dilaksanakan secara online oleh Forum Genre Kabupaten Klungkung  pada tanggal 24 Maret – 1 April 2021 yang mengusung tema Road To Better Life  With Life Skill “. 

  Mereka memaparkan bahwa life skill merupakan keterampilan hidup/kemampuan untuk beradaptasi dan berpikiran positif yang pada akhirnya individu mampu untuk menghadapi kesulitan dan tantangan dalam hidup secara efektif. Adapun jenis – jenis keterampilan hidup yaitu : keterampilan fisik, keterampilan mental, keterampilan emosional, keterampilan spiritual, keterampilan kejuruan, dan keterampilan mengatasi kesulitan. 

   Yuki menyatakan life skill sangat diperlukan oleh para remaja untuk menghadapi semua permasalahan yang terjadi dalam hidup mereka. Ia berharap semua remaja mampu menggali dan mengasah life skill yang mereka miliki, terlebih lagi di masa pandemi ini banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan positif seperti menyalurkan minat dan hobi yang dimiliki remaja masing – masing. Dea juga menambahkan di era modern seperti saat ini banyak timbul masalah sosial pada remaja seperti seks pranikah, pergaulan bebas, pernikahan dini, dan menggunakan gadget secara negatif. Disinilah letak peran penting edukasi life skill/keterampilan hidup pada remaja. 

Perjuangan mereka tidak berhenti sampai disini lho, mereka harus berjuang kembali di tingkat provinsi mewakili kabupaten klungkung dalam ajang Pemilihan Duta Genre Provinsi Bali 2021. Hmm…gimana menurut kalian ? terbukti bukan, pandemi tidak menjadi menjadi penghalang bagi kita untuk terus berprestasi, dan di masa pandemi ini lah banyak kesempatan yang dapat kita ambil untuk menjadi lebih baik. 

Pesan penulis

Semangat mengemban tugas sebagai Duta Genre semoga bisa menginspirasi banyak generasi remaja khususnya SMK. 

Nama : Luh Made Nitasari

Kelas : X FARKOM 1

Balas Pesan...

*