28
JUL
2021

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 SMKN 1 Klungkung

Hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan di setiap harinya ada lonjakan kasus positif Covid-19. Untuk menekan kasus yang terus bertambah, pemerintah memutuskan agar semua orang bisa mendapatkan vaksinasi. Di Klungkung, hampir seluruh sekolah sudah menjalani program vaksinasi Covid-19 yang diberikan secara gratis oleh pemerintah, mulai dari SD, SMP, dan SMA/K.

Di SMKN 1 Klungkung, kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada Senin, 12 Juli 2021. Vaksinasi diberikan oleh UPTD Puskesmas Klungkung 1. Nama vaksin yang diberikan adalah CoronaVac. Vaksinasi ini diberikan kepada siswa-siswi kelas X, XI dan XII usia 12 sampai 17 tahun. Namun, vaksin ini tidak diberikan kepada siswa-siswi yang sedang sakit atau sudah terinfeksi virus Corona. Pelaksanaan vaksin tahap 1 ini, tetap memerhatikan protokol kesehatan secara ketat, sebelum memasuki sekolah, mereka tetap mencuci tangan dan melakukan cek suhu tubuh. Seluruh siswa-siswi wajib mengisi formulir yang diberikan oleh masing-masing wali kelas dan mereka juga dipastikan sudah sarapan sebelum melakukan vaksinasi. 

Pada kegiatan vaksinasi ini ada 3 ruangan yang digunakan. Ruang pertama ada di Aula SMKN 1 Klungkung, ruang kedua di ruang kelas XII BKM dan XII AKKL 1 yang digabung dan ruang ketiga di kelas XII MM. Kegiatan vaksinasi juga sudah dijadwalkan per masing-masing kelas untuk menghindari kerumunan. Siswa-siswi yang sudah melakukan vaksinasi akan diberikan kartu vaksinasi Covid-19 dan sertifikat vaksinasi yang bisa diunduh lewat link yang telah diberikan. Vaksinasi berlangsung dari pukul 08.00-12.00 Wita, setelah mendapatkan vaksin siswa-siswi dianjurkan untuk langsung pulang kerumah masing-masing.

Vaksinasi dilakukan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan melawan bakteri atau virus, serta dapat menurunkan angka kematian akibat virus. Walaupun tidak seutuhnya bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Covid-19, tapi setidaknya vaksin ini bisa memperkecil terjadinya gejala berat atau komplikasi akibat Covid-19. Perlu diketahui, saat kita sudah melakukan vaksinasi Covid-19 tidak menutup kemungkinan kita untuk terinfeksi virus, Maka sangat penting agar kita tetap menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, beristirahat yang cukup, tetap mematuhi protokol kesehatan, serta hindari kerumunan dan bepergian keluar rumah apabila tidak ada urusan penting atau mendesak.

Balas Pesan...

*