30
AUG
2021

“BAYANGAN YANG MENYADARKAN” JUARA 3 NASIONAL

Film ini ber genre romansa komedi yang diambil dari kisah nyata, dimana saya mengambil informasi ini dari hasil konseling di PIK-R Bara Satya yang narasumbernya adalah teman-teman SMK Negeri 1 Klungkung. Dari banyaknya informasi, anggota PIK-R Bara Satya mendapatkan bahwa banyak teman-teman yang terjerumus dalam toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat. Dari informasi tersebut mereka memiliki ide untuk membuat film bertemakan “PACARAN SEHAT”, dengan judul BAYANGAN YANG MENYADARKANdengan tujuan mengedukasi. Mereka juga memberikan sedikit komedi di dalam film dan ingin menginspirasi banyak orang terutama generasi remaja saat ini agar bisa keluar dari toxic relationship tanpa memutuskan hubungan dengan pacarnya sendiri, sehingga bisa memberikan bayangan kepada pasangan kita tentang bahayanya toxic relationship. Dengan membuat film ini, mereka ingin memberikan penjelasan kepada para remaja bahwa pacaran sehat itu penting demi menghindari kekerasan seksual, mengajari kita untuk saling memahami orang lain, menjadikan kita pribadi yang lebih baik, belajar memecahkan masalah,  dan belajar saling mendukung satu sama lain.

Dalam rangka memperingati hari kesehatan seksual dan reproduksi, dan hari anti kekerasan dalam berpacaran pada remaja, siswa PIK-R Bara Satya SMK Negeri 1 Klungkung mengikuti sebuah lomba yaitu lomba short movie. Dalam lomba tersebut peserta harus mampu membuat video dengan durasi 10 menit. Lomba ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Dhyana Pura, pada tanggal 24 Februari 2021.  Melalui film pendek yang berjudul BAYANGAN YANG MENYADARKANberhasil membuat masyarakat dan penonton sadar akan bahayanya toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat. Pada tanggal 26 Februari 2021 diumumkanlah film apa saja yang mampu memasuki peringkat 10 besar. Dengan penuh harapan dan doa, PIK-R Bara Satya mampu menduduki peringkat ke-6 dalam peringkat 10 besar. Pada tanggal 27 Februari 2021 ketua kru mengikuti zoom meeting, acara tersebut membahas tentang poin-poin yang dinilai dalam film. Walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini, tidak mematahkan semangat siswa PIK-R Bara satya untuk mengikuti lomba short movie. Dan dengan penuh semangat, kerja keras dan doa dari teman-teman akhirnya PIK-R Bara Satya mampu menduduki juara 3.  

Pesan dan kesan 

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan kreativitas teman-teman semua dalam pembuatan film ini, walaupun di era pandemi.  Saya berharap film kami bisa di terima di masyarakat dan bisa menginspirasi dan mengedukasi masyarakat terutama generasi remaja. Nantikan konten  konten edukatif dan informatif dari kami PIK-R Barasatya ke depannya”.

Ketua Kru Short Movie I Kadek Yuki Darlena

Gambar 1.1 Poster Short Movie “Bayangan yang Menyadarkan”

Gambar 1.2 Pemain dan Tim Redaksi Short Movie “Bayangan yang Menyadarkan”

sumber : dokumen pribadi

Nama : Ni Kadek Ari Danaswari 

Kelas : X AKKL 1 

Nama : Ni Kadek Ari Danaswari 

Kelas : X AKKL 1

Balas Pesan...

*