30
AUG
2021

SEMANGAT YUKI TOREHKAN PRESTASI

Guna meningkatkan peran remaja dalam program GenRe, BKKBN Provinsi Bali menyelenggarakan Pemilihan Duta GenRe Provinsi Bali tahun 2021 yang diikuti 10 kabupaten/kota se-Bali. Duta GenRe adalah ajang pemilihan remaja sebagai duta yang memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan remaja maupun masyarakat luas guna menghindari Triad KRR (Tiga masalah pokok Kesehatan Reproduksi Remaja) yakni, seks pranikah, HIV/AIDS, dan NAPZA. 

Kabupaten Klungkung mengirimkan perwakilannya yang terdiri dari 6 remaja unggulan sebagai Duta GenRe. Salah satunya I Kadek Yuki Darlena dari SMK Negeri 1 Klungkung berhasil memperoleh juara 2 putra serta menjadi Runner Up 1 Duta GenRe Provinsi Bali. 

Selain mengikuti ajang pemilihan pildugen, I Kadek Yuki Darlena atau bisa dipanggil Yuki mempunyai program yang menginspirasi serta mengajak para remaja untuk merancang masa depan yang lebih baik dan tangguh. Beberapa programnya yaitu : BRI (Bincang-bincang Remaja Inspiratif), ASMR (Aksi Serentak Melawan Triad KRR), GenRe Action Tri Hita Karana dan GenRe Kolaborasi bersama BNNK Klungkung dan KPA Klungkung.

Di dalam program BRI terdapat 6 episode. Episode pertama yang membahas tentang NAPZA bersama narasumber AKPB I Made Pastika, S.H., M.H selaku kepala BKKBN Klungkung, episode kedua membahas tentang HIV/AIDS dengan narasumber bapak I Wayan Sumanaya selaku Bapak Sekretarias KPA Kab Kungkung dan BRI ini dilaksanakan di sekolah secara offline. Episode ketiga bersama narasumber inspiratif yaitu bapak I Gede Suryawan selaku Keluarga Teladan Provinsi Bali 2021 yang membahas tentang PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja), episode keempat membahas tentang pernikahan dini dengan narasumber Duta Anak Kabupaten Klungkung 2020 yaitu I Made Agus Diwa Santha. Episode kelima membahas tentang keterampilan hidup (life skill) bersama narasumber Duta GenRe Samarinda 2021 yaitu Muhammad Abdan Dzul Arsyil Majid, dan dalam program BRI yang terakhir episode keenam membahas tentang “Maskulinitas dan Feminitas” dengan narasumber yaitu Dionisius Samuel Daniel Putra Adja sebagai Duta GenRe Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Inovator Program Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Yuki dan seluruh anggota PIK-R Barasatya memberikan kontribusi baru yang lebih kreatif mengenai Triad KRR yaitu melalui program (ASMR), yang mana aksi ini dipersembahkan untuk remaja agar lebih mengetahui tentang Triad KRR dan bisa mengajak remaja lainnya untuk melawan Triad KRR. Aksi ini dilaksanakan pada 3 hari besar yaitu : Hari Anti Narkoba Internasional pada 26 Juni 2021, Hari Remaja Internasional tanggal 12 Agustus 2021 dan Hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2021.

Banyak yang dialami Yuki selama mengikuti pemilihan Duta GenRe. Pada tahun 2020 ia pernah ikut dalam ajang pemilihan Duta GenRe tersebut namun gagal dan Yuki mulai mendalami substansi tentang GenRe. Seperti kata pepatah “Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”, di tahun 2021 ini Yuki kembali ikut andil dalam pemilihan Duta GenRe dan berhasil memperoleh juara 2 Duta GenRe Provinsi Bali Tahun 2021.

“Lebih baik gagal daripada tidak memulai sama sekali.” Ujar Yuki. Itu yang terus Yuki tanamkan dalam benak untuk mencapai keinginan menjadi Duta GenRe. Banyak kegagalan yang memberikan relasi baru dan angin segar untuk Yuki. Setelah kegagalan tersebut Yuki tidak pernah putus asa sampai di titik ini.

“Buat teman-teman semua Generasi Berencana jangan mudah menyerah terus optimis dengan rencana masa depan kalian dan tetaplah selalu berencana. Karena berencana itu Keren!” lanjut Yuki.

  • Penulis artikel : 
  1. Pande Koming Agnesya Wulan Devi
  2. Ni Luh Made Nitasari
  3. Ni Kadek Suastuti
  • Edit artikel : Ni Kadek Dewi Sutarini, S.Pd

Balas Pesan...

*