05
NOV
2021

Kegiatan AGEM Ekstra PIK-R dalam “Menelurkan” Generasi Berencana

Salah satu ekstra yang banyak diminati oleh peserta didik SMK N 1 Klungkung adalah PIK-R atau Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R Bara Satya) yang artinya kesetiaan yang membara dalam memberikan edukasi dan konseling remaja. PIK-R Bara Satya memasuki usia yang ke 3 tahun. Dalam perjalanannya, ekstra ini mencetak berbagai prestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan sampai jenjang Nasional.

Untuk merayakan Hari Ulang Tahun PIK-R Bara Satya pada tanggal 29 Oktober 2021 yang ke-3 tahun, PIK-R Bara Satya melaksanakan AGEM TRI HITA KARANA dimana kegiatan itu merupakan kegiatan yang menyelaraskan hubungan baik dengan Tuhan, sesama manusia, dan mahkluk ciptaan Tuhan lainnya. Banyak hal dilaksanakan yakni melakukan persembahyangan bersama di Goa Lawah yang dirangkaikan dengan kegiatan Ngereresik atau pembersihan di seputaran dan Pura Goa Lawah serta Bakti Sosial di Panti Asuhan Semara Putra di Klungkung yang dilaksanakan seminggu sebelum acara puncak berlangsung yakni 24 Oktober 2021.

Pembukaan Ulang Tahun PIK-R Bara Satya dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2021. Turut hadir Kepala SMKN 1 Klungkung memberikan pengarahan serta apresiasinya terhadap kegiatan AGEM TRI HITA KARANA. Undangan yang hadir yakni Kepala Sub Bagian Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Bali yakni Made Billy Udayana beserta tim yang selalu memberikan motivasi dan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Selain pengarahan, hal yang paling ditunggu-tunggu dalam kegiatan ini adalah pengumuman duta Genre Oneska serta pengumuman lomba Poster dan Tiktok Tingkat Nasional. Tidak main-main, banyak peserta lomba berasal dari luar Klungkung, bahkan di luar Provinsi Bali.

Hari selanjutnya dilaksanakan penutupan AGEM TRI HITA KARANA. Dalam penutupan ini dilaksanakan Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun PIK-R Bara Satya. Pada hari itu dilaksanakan pelantikan duta Genre Oneska, Potong Tumpeng, pelantikan kepengurusaan PIK-R Bara Satya dan tentunya donasi kepada siswa yatim/piatu/yatim piatu di lingkungan SMK N 1 Klungkung . Tentunya acara sebesar ini didukung oleh panitia-panitia yang handal. Menurut Eka Parmadita, selaku Ketua Panitia banyak suka duka dalam persiapan dan realisasi kegiatan ini. “Kegiatan sebesar AGEM ini merupakan event yang tidak mudah untuk dijalankan baik dari segi perencanaan maupun segi realisasinya, untuk itu saya membutuhkan sebuah motivasi. Salah satu motivasi utama kami untuk mengadakan acara ini adalah rasa ingin menonjol dalam artian kami ingin organisasi PIK-R kami bisa menunjukkan dirinya bahwa organisasi kami pantas di perbincangkan dan dipandang organisasi yang aktif dan berkembang. Sedangkan motivasi saya sendiri adalah teman-teman saya yang selalu semangat berkontribusi dalam berjalanya acara ini hingga sudah berjalan dengan baik”, jelasnya.

Pembina Harian PIK-R Bara Satya, Yuki Darlena sekaligus Duta Genre 2021 mengungkapkan pentingnya generasi muda mengikuti wadah organisasi seperti PIK-R. “Menurut saya PIK-R sangat memiliki tujuan yg positif terutama bagi saya seorang remaja dan seorang siswa. PIK-R sangat membantu saya untuk menjalani kehidupan remaja ini terutama selama saya mengalami 5 masa transisi kehidupan saya yaitu masa transisi pertama belajar. Selama bergabung di sini, banyak informasi positif yang saya dapatkan tentang keremajaan yang bahkan saya tidak ketahui sebelumnya. Dengan bergabung di PIK-R, saya bisa lebih mengatur emosi ,ambisi, dan pubertas saya melalui konseling yang ada di PIK-R.
Di PIK-R juga saya bisa melatih life skills yaitu berorganisasi dan public speaking yang tidak saya dapatkan dikelas.
Dari sinilah menurut saya eksistensi pikr itu yang membuat banyak remaja yang tertarik untuk bergabung dengan PIK-R.” Yuki juga menambahkan jika ada siswa Oneska yang ingin melakukan konseling, bisa dengan direct message akun instagram @pikrbarasatya.

Berikut ini merupakan beberapa galery foto acara puncak HUT PIK-R BARA SATYA KE -3.

Balas Pesan...

*